PEMANFAATAN MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK DALAM BISNIS BUSANA WANITA

Latar Belakang Masalah

Wirausaha adalah suatu proses peningkatan kesejahteraan yang dinamis.  Tu kesejahteraan diciptakan oleh yang menghadapi resiko terbesar dari sisi equity 
(modal), waktu, dan komitmen untuk memberi nilai untuk suatu produk atau jasa 

Menurut Winarso Drajat Widodo (2005), wirausaha adalah usaha atau bisnis yang selalu berusaha memindahkan segala sumber daya ekonomi dari wilayah yang kurang produktif ke wilayah yang lebih produktif agar memperoleh penghasilan yang lebih besar, dan semakin besar. Pendapat lain dari Rambat Lupiyoadi Jero Wacik (1998) mendifinisikan bahwa wirausaha adalah kegiatan yang melaksanakan proses penciptaan kekayaan dan nilai tambah melalui peneloran dan penetasan gagasan, memadukan sumber daya dan merealisasikan gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Seseorang yang berwirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar.

Beragam cara dilakukan oleh para pewirausaha (entrepreneur) untuk menjalankan roda usahanya. Salah satu cara yang cukup banyak dilakukan oleh para entrepreneur adalah menggunakan teknologi sebagai alat untuk menjalankan bisnisnya. Penlaksanaan usaha tersebut dikenal dengan istilah technopreneurship. Dalam hal ini, peran teknologi sangat besar. Teknologi dijadikan andalan dalam memasarkan setiap produk yang dijualnya.

Di Indonesia sudah banyak sekali para pewirausaha atau pebisnis yang memanfaatkan kecangihan teknologi agar memperoleh pangsa pasar yang memuaskan. Yang difokuskan dalam pemanfaatan teknologi disini adalah pemanfaatan internet dalam pemasaran suatu  produk.

Saat ini internet sudah sangat mudah diakses oleh siapa pun tanpa melihat usia dan pendidikan seseorang. Dengan internet, semua orang diseluruh dunia dapat mendapatkan dan memberikan informasi apa pun kepada siapa pun di seluruh dunia. Termasuk para pebisnis yang menggunakan internet sebagai sarana pemberi informasi tentang produk yang ditawarkannya secara online di internet.

Peluang usaha online menawarkan berbagai kemudahan yang tak tertandingi dibanding dengan bisnis lainnya. Dua dari sekian banyak keunggulan tersebut adalah modal yang relatif rendah (bahkan tanpa modal) dan fleksibilitas. kita dapat membangun bisnis sampingan dan bekerja dari rumah, mengatur waktu kita sendiri tanpa harus terikat dengan jam kerja.

Saat ini situs jejaring sosial menjadi pilihan termudah bagi para pebisnis untuk mempromosikan produknya. Juga untuk bertransaksi secara manual melalui media sosial. Contohnya Facebook, situs pertemanan ini banyak dimanfaatkan untuk berbisnis online.

 

Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan karangan ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Media Jejaring Sosial Facebook dalam Bisnis Busana Wanita” ini yaitu :

  1. untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah softskill yang dibimbing oleh Ibu Desi Restiani;
  2. untuk memperkenalkan kepada pembaca mengenai salah satu media jejaring sosial Facebook yang lazim digunakan dalam menjalankan berbagai macam bisnis;
  3. untuk memberi informasi bagaimana cara yang efektif untuk memasarkan produk dalam menggunakan Facebook;
  4. untuk memberi informasi apa saja kendala dalam penggunaan Facebook sebagai media pemasaran produk;
  5. untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh penggunaan Facebook sebagai media pemasaran terhadap bisnis busana wanita.

 

Hipotesa

            Hipotesa dari karangan ilmiah ini adalah adanya pengaruh antara banyaknya penggunaan jejaring sosial Facebook sebagai media pemasaran terhadap bisnis pakaian wanita.

Situs jejaring sosial menjadi pilihan termudah bagi para pebisnis pemula untuk mempromosikan produknya. Juga untuk bertransaksi secara manual melalui media sosial. Contoh lainnya situs pertemanan yang sering digunakan untuk berbisnis online.adalah Twitter, Whatsapp, e-buddy, dll. 

Jejaring social Facebook memang sudah tidak asing di telinga kita. Hampir setiap orang jika ditanya pasti memiliki account facebook. Tidak sedikit pula yang memanfaatkan facebook sebagai media bisnis online. Bisnis melalui facebook menguntungkan dan sangat menjanjikan. Dengan cepat bisnis dan produk yang dijual merambat melalui facebook hingga berujung pada transaksi.

Pada umumnya orang mau bertransaksi melalui facebook karena aspek kepercayaan (trust). Orang yang membeli dan menjual sama-sama saling mengenal karena ada dalam friend listnya.

Tercatat sejak internet masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990an, banyak sekali perubahan gaya hidup yang kita alami. Salah satunya dalam hal berbelanja.
Saat ini perlahan tapi pasti masyarakat sudah mulai tertarik untuk menggunakan jasa belanja online. Seperti pembelian pakaian bagi para wanita yang jangka pembeliannya lebih cepat jika dibandingkan dengan pria.

            Bisnis dalam bidang fashion sering kali dipilih oleh banyak pebisnis yang ingin menjalankan usaha online melalui facebook. Dalam hal ini, bisnis yang dibahas adalah bisnis pakaian wanita dengan memanfaatkan Facebook sebagai media pemasaran. Pakaian wanita adalah produk yg sangat banyak peminatnya jika dibandingkan dengan pakaian pria. Hal ini munkin karena sifat natural wanita yang lebih konsumtif untuk urusan penampilan. Melalui facebook mereka dapat melihat produk yang ditawarkan dengan mdah kapan pun dan dimana pun.

            Dalam memasarkan pakaian wanita pada facebook, seorang pebisnis perlu memperhatikan cara pemasaran yang tepat agar kegiatan promosinya dalam facebook bisa meningkatkan penjualan produknya. Berikut ini adalah cara memasarkan produk dengan menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, diantaranya :

1. Buat akun khusus yang terlepas dari akun facebook pribadi kita. Akun tersebut bisa berupa nama perusahaan, nama produk dan yang terdengar sedikit aneh tapi efektif, beserta foto profil yang menarik. Hal itu akan mempermudah kita dalam mencari friends pada facebook.

2 . Setelah akun tersebut jadi add friend secara bertahap jangan sporadis atau sembarang, karena dapat menyebabkan akun mendapat peringatan dari pihak facebook. Add friends 5-10 per hari sudah cukup. Dalam 2-3 bulan teman kita akan cukup Banyak.

3. Buat catatan (Notes). Catatan di facebook memang terdengan sepele, tapi hal ini dapat menulis detail secara lengkap produk yang kita buat dengan memanfaatkan catatan ini. Dan yang paling penting facebook Notes ini terindeks secara tepat di mesin pencari seperti Google dan sebagainya. jadi jika Anda bisa memanfaatkan hal tersebut, facebook notes bisa menjadi sebuah pintu masuk menuju halaman bisnis Anda.

4. Join di facebook group yang aktif dengan banyak member dan akses menulis di wall group. Tapi ingat tidak selamanya kita harus promosi di wall tersebut. Sesekali kita bisa share tentang hal umum yang bermanfaat, misal berita terbaru atau sekedar ucapan hari besar seperti Lebaran, Natal dan sebagainya.

5. Buat halaman bisnis produk anda, isi dengan keterangan selengkap-lengkapnya. Usahakan halaman bisnis mengandung “kata kunci” dari bisnis yang anda jalankan. Misal dalam hal ini pakaian batik khusus wanita, maka kata “Batik Wanita” / “jual batik wanita” / grosir batik. Jika Anda memiliki website, Anda bisa memnghubungkan Halaman bisnis facebook Anda dengan website, caranya adalah dengan menambahkan kotak / widget di bagian website anda.

Tak sedikit orang yang mendapatkan manfaat besar terutama untuk branding produknya (barang/jasa) melalui Facebook. Namun ketika bisnis semakin berkembang, cara berbisnis online paling sederhana ini pun mulai menemui banyak kendala.

Beberapa kendala terebut adalah bisnis di Facebook masih serba manual. Mungkin ini karena pebisnis harus mem-follow up ke pelanggan juga melalui pesan personal dan harus rutin mengecek inbox. Selain itu banyak kesalahan yang terjadi karena semua dikelola sendiri, human errornya tinggi karena tidak ada sistem untuk menjalankannya.

 

Simpulan

            Berdasarkan hipotesa tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa facebook adalah media jejaring sosial yang sangat menjanjikan sebagai sarana promosi pakaian wanita. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang memiliki account facebook pribadinya. Selain itu melalui facebook setiap orang dapat melihat produk yang ditawarkan dengan mudah kapan pun dan dimana pun. Sehingga situs jejaring social semakin diminati sebagai media promosi dan menjadi pilihan termudah bagi para pebisnis untuk mempromosikan produknya.

            Namun ketika bisnis semakin berkembang, cara berbisnis online melalui facebook yang paling sederhana ini mulai menemui banyak kendala. Tapi walaupun begitu tak sedikit pula orang yang mendapatkan manfaat besar terutama untuk branding produknya (barang/jasa) melalui Facebook.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s