Déjà vu yang Misterius

           Apakah kalian tahu tentang Déjà vu? Atau bahkan Kamu sering mengalami Déjà vu?. Memang hampir semua orang pernah mengalaminya dan mungkin kamu adalah salah satunya.

           Déjà vu adalah sebuah kelompok kata yang berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah lihat atau pernah merasa”. Maksudnya Déjà vu adalah suatu perasaan ketika seseorang mengalami sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya. Ada yang bilang hal tersebut dapat terjadi karena terdapat gangguan pada otak sedangkan ada juga yang menghubungkan Deja vu dengan kehidupan lain di masa lalu.

           Pernahkah Kamu mengalami situasi saat dalam keadaan sadar Kamu mengenali betul situasi itu yang menurut Kamu telah dilalui kejadian yang sama itu sebelumnya? Apakah Kamu pernah mengalami suatu situasi di mana Kamu bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya dan kemudian hal itu benar terjadi seperti yang Kamu rasakan telah Kamu lalui sebelumnya? Tetapi yang anehnya, Kamu tidak mampu untuk dapat benar-benar mengingat kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang Kamu tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita tidak merasa asing dengan peristiwa baru itu kan.

           Jika Kamu mengalami hal-hal tersebut, itulah yang dinamakan Deja vu. Deja vu itu adalah peristiwa saat seseorang merasa yakin telah mengalami situasi baru sebelumnya yang padahal kejadian itu baru saja terjadi. Selama mengalami sebuah situasi baru, seseorang merasakan suatu kesamaan dengan sesuatu yang dialami di masa lalu. Seseorang merasa telah melalui hal yang sama baru saja terjadi di masa lalu atau telah melihat hal itu dalam mimpinya. Kebanyakan mereka yang mengalami Deja vu mengira telah melihat sesatu dalam mimpi mereka atau sangat yakin telah melihat itu beberapa waktu yang lalu.

           Percaya atau tidak, 60 sampai 70 persen manusia di bumi ini paling tidak pernah mengalami deja vu minimal sekali, apakah itu berupa pandangan, suara, rasa atau bau. Jadi, jika anda sering mengalami deja vu, jelas anda tidak sendirian di dunia ini.

           Saya pun pernah mengalaminya sendiri bahkan sering. Awal saya merasakan déjà vu saat saya duduk di bangku sekolah dasar. Pada waktu itu saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi, mengapa saya bisa  merasakan hal itu pernah terjadi sebelumnya pada diri saya tetapi kejadian itu baru saja terjadi. Suatu kalimat yang ada dalam pikiran saya saat itu “kayankya kejadian ini pernah gw alami sebelumnya deh..? tapi ga tau kapan?”. Saat itu saya menyangka kalau saya memiliki kelebihan dalam meramalkan sesuatu. Akan tetapi setelah mengetahui bahwa hal itu sering dialami oleh banyak orang dan banyak mencari tahu, saya pun mengetahui kalau itu adalah fenomena déjà vu.

           Tidak semua orang percaya bahwa semua bisa dijelaskan secara ilmiah. Beberapa teori terkait dengan Deja vu pada kemampuan fisik tertentu yang dimiliki manusia, tetapi di lain pihak, ada juga yang mengatakan bahwa perasaan Deja vu merupakan hasil dari kehidupan lain di masa lalu. Memang Déjà vu ini memiliki sifat-sifat misterius yang sulit diterima akal sehat manusia.

Tinggalkan Balasan

