Tips Mudik Aman dan Nyaman

Berikut adalah tips-tips sebelum Anda mudik ke kampung halaman agar mudik terasa aman dan nyaman.

  1. Periksalah kendaraan Anda jika anda mudik dengan menggunakan kendaraan bermotor. Seperti melakukan perawatan motor atau mobil secara berkala sebelum Anda berangkat untuk mudik. Selain itu anda juga harus membersiapkan peralatan-peralatan seperti kunci-kunci dan lain sebagainya yang dapat digunakan jika mobil atau motor anda tiba-tiba mengalami kendala ditengah perjalanan mudik Anda.
  2. Sediakanlah selalu kotak P3k di kendaraan Anda jika suatu ketika terjadi kecelakaan kecil yang mengharuskan anda untuk menggunakannya.
  3. Jagalah kondisi fisik Anda sebelum mudik ke kampung halaman. Karena jika kondisi fisik Anda dalam keadaan yang tidak fit maka perjalanan Anda akan terasa sangat berat dan melelahkan.
  4. Jika Anda mudik dengan kendaraan umum seperti bus ataupun kereta api, janganlah sekali-sekali Anda memakai segala perhiasan yang berlebihan. Hal itu dapat membahayakan keselamatan Anda sendiri karena dapat mengundang orang lain untuk menjambret perhiasan yang Anda pakai.
  5. Jangan memakai pakaian yang berlebihan, seperti memakai baju yang minim dan pakaian yang bermodel berlebihan. Jika Anda memakai pakaian yang minim maka dapat beresiko terjadinya tindak kriminal terhadap Anda. Oleh karena itu pakailah pakaian yang simpel dan menyerap keringat untuk memudahkan Anda dalam bergerak.
  6. Jangan menyimpan uang Anda di satu tempat saja, tetapi tarulah di tempat yang terpisah. Misalnya sebagian uang anda taruh di dompet, sebagian di tas, dan sebagian lagi di kantung. Ini berguna agar jika Anda kehilangan uang Anda, maka Anda memiliki cadangan uang lainnya. Selain itu ini juga dapat mengurangi resiko pencopetan.
  7. Jangan menerima sesuatu seperti makanan, minuman atau apapun dari orang asing yang baru pernah Anda temui. Hal ini berguna untuk berwaspada pada tindak hipnotisme yang marak terjadi saat musim mudik.

    Itulah tadi tips-tips yang aman dilakukan saat mudik. Selamat mencoba dan selalu waspada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s