Menjadi Pengendara yang Baik dan Benar

Jika kamu adalah salah satu para pengguna kendaraan bermotor yang sering melintasi jalan-jalan raya, patut baca postingan ini..nihh..

Tips ini juga bisa buat kamu-kamu yang masih takut buat bawa kendaraan bermotor ke jalan-jalan raya lohh…

Berikut ini saya akan memberikan tips-tips untuk menjadi pengendara yang baik jika kita sedang mengendarai kendaraan bermotor di jalan.

  1. Jika kamu adalah seorang yang berusia 17 tahun kebawah, tunggu dulu deh.. buat berkendara sampai kamu punya KTP. Mungkin secara fisik dan keberanian kamu sudah siap, akan tetapi secara psikis kamu belum siap. Percaya deh.. sekarang ini banyak kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara-pengendara yang masih di bawah umur lohh..  Dan buat kamu yang sudah mempunyai anak, arahkan anak-anak kamu agar tidak berkendara sebelum mencapai usia 17 tahun. Banyak orang tua yang membolehkan anak dibawah umurnya untuk berkendara  dengan alasan agar anak menjadi mandiri. Apapun alasannya, sebenarnya itu tidak dibenarkan loh.. Karena apabila terjadi kecelakaan yang menewaskan seseorang,  itu seperti menjadikan anak kita sebagai “pembunuh”.
  2. Pastikan kamu selalu membawa surat-surat kelengkapan berkendara, seperti SIM, STNK, KTP. Siapa tau kan dijalan lagi ada razia.. bias-bisa kena tilang kalau ga’ lengkap.
  3. Sebelum berangkat, kaca spion harus terpasang dengan benar agar tidak mengganggu saat kita berkendara.
  4. Pastiakan lampu utama dinyalakan saat siang atau pun malam, agar pengendara lain bisa mengetahui keberadaan kita.
  5. Kalau ada penyebrang jalan yang ingin menyebrang, berilah kesempatan orang itu untuk menyebrang. Bayangkan jika kita diposisi orang tersebut. Pasti kita sangat berharap agar orang mau memberhentikan kendaraannya sejenak agar kita bisa menyebrang. Tapi jika kondisi tidak memungkinkan seperti saat kamu sedang melaju cepat, kamu tidak harus langsung berhenti mendadak untuk memberi jalan kepada penyebrang, karena itu bias membahayakan pengendara lain di belakang.
  6. Jangan gunakan jalur kiri untuk mendahului kendaraan di depan. Tapi gunakanlag jalur kanan untuk mendahului. Tapi dalam kondisi tertentu, kamu bias gunakan jalur kiri untuk mendahului. Contohmya pengendara didepan menggunakan jalur kanan tetapi melaju lambat sekali.
  7. Sebisa mungkin kalau kita ingin mendahului kendaraan lain, bunyikanlah klakson agar pengendara yang kita dahului tidak kaget karena kita dahului.
  8. Jika kita ingin belok kanan atau kiri, pastinya kita menggunakan lampu sen. Tapi banyak saya temui pengendara yang lupa mematikan lampu sennya setelah belok. Itu juga mengganggu pengendara lain juga loh.. Oleh karna itu kamu harus pastikan lampu sen mati setelah menggunakannya.
  9. Selalu gunakan Helm saat berkendara. Untuk menjaga keselamatan diri sendiri. Jangan kalau ada polisi aja helm baru dipake. Itukan bukan untuk keselamatan polisi tau… kalau bisa pke juga masker, kacamata, jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, pelindung siku, dan pelindung lutut untuk keselamatan kita. Tapi tidak harus kayak gitu juga sih…hehehe. Pokoknya helm harus selalu di pakai.
  10. Jangan kebut-kebutan dijalan, karena jalan raya itu bukan tempat kebut-kebutan… kalau kamu mau kayak gitu mending di sircuit aja deh. Karena itu bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.
  11. Terakhir slalu berdoa sebelum berkendara  dan patuhi rambu-rambu lalulintas ya…

Pokoknya “ Jangan sampai merugikan dirisendiri dan juga orang lain ”, Ok…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s