Resep “Jengkol Balado ala Ibuku”

Hai guys… buat kamu-kamu yang suka masakan jengkol, wajib nyoba resep yang satu ini..nih..

Denger denger dari orang yang udah nyoba Jengkol Balado buatan ibuku sih katanya enaakk, tapi jujur gue sendiri nggak suka makan jengkol..(bukannya ja’im yaa.. tapi emng bener kok..haha:D) soalnya menurut gue jengkol itu rasanya pahit..pahitt gimana gitu.. trus juga dampak bau setelah makan jengkol itu lohh yang bikin gak..gak..gak.. kuat..

Memang biasanya, orang yang gemar memakan jengko itu sering dianggap memalukan. Tapi buat gue pecinta Jengkol itu bukan  hal yang memalukan kok.. karna Jengkol itu kan banyak mengandung vitamin yang bagus buat tubuh kita..

Nah.. buat kamu yang mau nyoba buat Jengkol balado ala ibuku, nih resepnya..

Bahan-bahannya :

1 kg Jengkol,

3 lembar Daun salam,

Sereh,

200 ml Santan,

200 ml Air,

¼ kg Cabai merah,

5 siung Bawang merah,

2 siung Bawang Putih,

10 biji Kemi,

Garam,

Dan Penyedap Masakan.

Cara Membuat :

  1. Rebus Jengkol  bersama daun salam dan sereh yang sudah dikeprek selama kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat dan tiriskan. ( daun salam berfungsi untuk menghilangkan baunya lohh..)
  2. Kupas kulit jengkol, kemudian getok-getok jengkol hingga gepeng. ( semakin gepeng, semakin legit )
  3. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Kemudian tumis sampai bumbu mateng.. masukan garam dan penyedap masakan secukupnya.
  4. Masukan jengkol yang sudah gepeng tadi ke dalam tumisan bumbu.
  5. Masukan santan beserta air, kemudian aduk hingga rata selama 5 menit.
  6. Jengkol Baladonya siap dihidangkan….

Selamat mencoba ya teman-teman…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s