Sistem Ekonomi Dunia

Jenis-jenis sistem ekonomi yang ada di dunia diantaranya:

1. Sistem Ekonomi Liberal

2. Sistem Ekonomi SosialiS

3. Sistem Ekonomi Campuran (Sistem Ekonomi Modern)

4.Sistem ekonomi Islam

1.Sistem Liberal Prinsipnya yaitu mengedepankan peran ekonomi pasar bebas, Bila terjadi kebebasan berproduksi , kebebasan pasar dan kebebasan tenaga kerja untuk bekerja, maka akan tercipta peningkatan produksi yg sangat pesat. Tokohnya ADAM SMITH(1776), David Ricardo,JB.Say.

2.Sistem Sosialis = Pendapatnya ekonomi pasar bebas pasti akan runtuh karena kelompok kapitalis akan mengeploitasi para pekerja (buruh,tani), persaingan yang memperbutkan propit adalah sumber ketegagangan sosial yang akhirnya timbul revolusi sosial sebab para kapitalis selalu akan menutup peluang berkembangnya cikal bakal kapitalis yg baru maka ia berpendapat bahwa

Prinsip Sistim Sosialis Yaitu Dengan Bekerja bersama dengan membagi hasil secara merata yang dinilainya adil, dan bila produksi berkembang, maka kita akan menjadi masyarakat adil dan makmur. Tokohnya : Karl Mark (1818) Friederich Engels, Karl Kautsky.

Dikenal dg sistem ekonomi modern Tokohnya John Maynard Keynes (1935) Pemikiran ini muncul sebagai alternatif atas kelemahan sistem ekonomi klasik tersebut di atas.

3. Sistem Ekonomi Islam

Yaitu Sistem Ekonomi yang bercita-cita mensejahterakan umat dengan dengan sumber daya ekonomi dialokasikan sedemikian rupa, sehingga dengan pengaturan kembali keadaannya, tidak seorangpun lebih baik dengan menjadikan orang lain lebih buruk .

PERBEDAAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS MODERN DENGAN SISTEM EKONOMI ISLAM YAITU

  • Sistim Ekonomi Modern menciptakan kelas-kelas sosial di masyarakat. Yang menimbulkan Perjuangan yang sangat keras sehingga yang tidak kuat akan semakin tertindas oleh yang kuat.
  • Sistem Ekonomi Islam, Tidak adanya perbedaan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.
  • Yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya hanyalah Ketaqwaannya kepada Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s