Membuang sampah di kali

          Sampah merupakan suatu limbah yang jika salah dalam penanganannya bisa membawa segala keburukan. Mulai dari timbulnya wabah penyakit sampai dengan timbulnya masalah banjir. Semua hal tadi dapat terjadi salah satu dikarenakan satu penyebab utama. Hal itu adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

          Membuang sampah di sungai atau di kali memang menjadi suatu kebiasaan yang sulit di hilangkan. Mungkin tanpa kita sadari pun, kadang kita juga pernah membuang sampah di kali.

          Sering saya temui tulisan-tulisan di jalanan yang mengatakan “Dilarang membuang sampah diarea ini”. Ironisnya, kebanyakan malah diarea itulah sampah dibuang.

          Jika Anda sedang berada di wilayah jauh dari area tempat Anda tinggal dan Anda membuang sampah sembarangan, jangan pernah berfikir bahwa Anda boleh melakukan hal itu karena itu bukan wilayah tempat Anda tinggal jadi Anda bisa seenaknya membuang sampah. Akan tetapi Anda seharusnya menyadari bahwa sekecil apapun sampah yang Anda buang dan jika sampah itu dikumpulkan menjadi satu dengan ribuan sampah kecil yang lain, maka akan menjadi timbunan sampah yang menyumbat sungai dan menyebabkan banjir.

          Solusi terbaik dari masalah ini adalah kesadaran dari diri kita masing-masing. Kita harus menyadari bahwa penting sekali untuk membuang sampah pada tempatnya untuk kepentingan bersama. Selain itu peran pemerintah juga sangat dibutuhkan seperti menyediakan tempat sampah-tempat sampah yang mudah dijangkau masyarakat dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s